
Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V-D Di SDN 012 Tarakan
Pengarang : Nurpadianti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi alat pernapasan pada manusia dan hewan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horray di kelas V-D SDN 012 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 012 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2015/2016, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V-D SDN 012 Tarakan yang berjumlah 28 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 14 siswa dan perempuan berjumlah 14 siswi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian untuk memperoleh data adalah lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek afektif (sikap), penilaian aspek psikomotorik (keterampilan) dan tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 5 soal essay.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe course review horray dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi alat pernapasan pada manusia dan hewan di kelas V-D SDN 012 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar adalah 44,44% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 57,1% pada siklus II meningkat menjadi 89,3%. Kemudian hasil belajar psikomotorik siklus I 46,4%, pada siklus II meningkat menjadi 92,9%. Kemudian hasil belajar afektif siklus I 32,1%, pada siklus II meningkat menjadi 89,3%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Alam, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horray
The purpose of this research is to improve learning outcomes material science breathing apparatus in humans and animals in class V-D SDN 012 Tarakan. This type of research used by the research is the Classroom Action Research (CAR) held in SDN 012 Tarakan in second semester I of the year 2015/2016, the research subjects were students of class V-D SDN 012 Tarakan totaling 28 students consist of 14 male students and 14 female students. This study was conducted in two cycles each cycle consisting of 3 meetings. The procedure of each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. Data obtained in this research include teacher observation sheet activities, observation of student activity sheets, assessment cognitive aspect which consists of 10 multiple choice questions and 5 essay of stuffing. The results showed that by applying the model cooperative type course review horray To can increase student learning outcomes IPA breathing apparatus in humans and animals material in class V-D SDN 012 Tarakan. It can be seen from the results obtained in each cycle, before the given action is mastery learning students' cognitive 44,44% and after being given the action in the first cycle completeness cognitive learning outcomes of students to 57,1% on the second cycle increased to 89,3%. Then the learning outcomes of students psychomotor aspects of the first cycle of 46,4% on the second cycle increased to 92,9%. Completeness affective aspects of students' learning outcomes first cycle of 32,1% on the second cycle increased to 89,3%. It can be said that the research has been successful and in accordance with the indicators of success. Keywords: Natural Sciences, Learning Achievement, Model Cooperative Type Course Review Horray