Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Masalah Sosial Pada Siswa Kelas IV–B SDN 024 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Masalah Sosial Pada Siswa Kelas IV–B SDN 024 Tarakan

Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Masalah Sosial Pada Siswa Kelas IV–B SDN 024 Tarakan

Pengarang : Nur Alisa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 024 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN 024 Tarakan yang berjumlah 34 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 16 siswa dan perempuan berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (disiplin, kerjasama dan bertanggung jawab), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV-B SDN 024 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 74% pada siklus II meningkat menjadi 88%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 71% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 76% pada siklus II meningkat menjadi 82%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

This type of research is action research (PTK) held at SDN 024 Tarakan in the second semester of the 2015/2016 academic year. The subjects were students of class IV-B SDN 024 Tarakan totaling 34 students with male students and female students amounted to 16 amounted to 18 students. This study was conducted in two cycles each cycle consisting of 2 meetings. The procedure each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The data obtained in this study include observation sheet activities of teachers, assessment of cognitive aspects (achievement test), affective (discipline, cooperation and responsible), and psychomotor aspects. The results showed that using cooperative learning model of Group Investigation to improve learning outcomes IPS material social problems in grade IV-B SDN 024 Tarakan. It can be seen from the results obtained in each cycle, the first cycle completeness cognitive aspects of student learning outcomes 74% on the second cycle increased to 88%. In the first cycle completeness affective aspects of student learning outcomes 71% on the second cycle increased to 100%. Then on the first cycle completeness psychomotor aspects of student learning outcomes 76% on the second cycle increased to 82%. It can be said that the research has been successful and in accordance with the indicators of success. Keywords: Classroom Action Research, Results Learning, Cooperative Learning Model Group Investigation

Detail Informasi