
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV-A SD Negeri 014 Tarakan
Pengarang : Novita Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas IV-A SD Negeri 014 Tarakan.
Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 014 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A SD Negeri 014 Tarakan yang berjumlah 26 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 13 siswa dan perempuan berjumlah 13 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama kelompok), dan aspek psikomotorik (presentasi kelompok).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial siswa kelas IV-A SD Negeri 014 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar hanya 36,66% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif menjadi 65% pada siklus II meningkat menjadi 85%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 50% pada siklus II meningkat menjadi 81%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 58% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation
The aim of this research is to increase the results of learning social science using Group Investigation technique of cooperative learning model to grade IV-A learners at SD Negeri 014 Tarakan. This is a classroom action research which was conducted during the second semester of 2015/2016. The subjects were 26 learners of SD Negeri 014 Tarakan, 13 males and 13 females. This research was conducted in two cycles, each cycle consists of two meetings. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection stages. The research instruments consisted of observation sheets of teacher’s activities, observation sheets of learners’ activities, tests on cognitive aspect, assessment sheets of learners’ affective aspect (group work), and psychomotor aspect (group presentation). The research findings showed that the use of Group Investigation technique was able to improve learners’ learning achievements in social science topic of fraction. This can be seen from learning results of each cycle. Before given the treatment, the learners’ level of minimum accomplishment was 36,66%. For the cognitive aspect, after given the treatment the level reached 65% at the first cycle and 85% at the second one. For the affective aspect, the level was 50% at the first cycle and reached 81% at the second one. For the psychomotor aspect, the level reached 58% at the first cycle and 100% at the second one. This results indicated that the treatment was successful. Keywords: Learning Achievement, Group Investigation Technique of Cooperative Learning Model