Meningkatkan Hasil Belajar PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Kelas IV C SDN 023 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Kelas IV C SDN 023 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Kelas IV C SDN 023 Tarakan

Pengarang : Nila Anreani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) di kelas IV C SDN 023 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 023 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016, dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV C SDN 023 Tarakan yang berjumlah 24 siswa dengan siswa laki-laki 13 siswa dan perempuan berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (sikap), dan aspek psikomotorik (keterampilan).
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran GI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV C SDN 023 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberi tindakan ketuntasan belajar adalah 45,4% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 33% pada siklus II meningkat menjadi 79%. Ketuntasan hasil belajar afektif 63%, pada siklus II meningkat menjadi 87%. Kemudian hasil belajar psikomotorik siswa siklus I 54%, pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Group Investigation

The aim of this research is to increase the result of learning PKn using Group Investigation (GI) type of cooperative learning model to grade 4 learners at SDN 023 Tarakan. This is a classroom action research whitch was conducted during the second semester 0f 2015/2016. The subjects were 24 learners of SDN 023 Tarakan, 13 male and 14 females. This research was conducted in two cycles, each cycles consists of two meeting. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection stage. The research instrument consisted of observation sheets of learners’ affectivec aspect, tests on cognitive aspect (question on multiple choices), assessment sheets of learners’ affective and psychomotor aspects. The research finding showed that there was an increase in learners’ learning achievements. This can be seen from learning results of each cycle. Before given the treatment, the learners’ level of minimum accomplishment was 45,4%. For the cognitive aspect, after given the treatment the level reached 33% at the frist cycle and 79% at the second one. For the affective aspect, the level reached 63% at the first cycle and 87% at the second one. For the psychomotor aspect, the level was 54% at the first cycle and reached 100% at the second one. This results indicated that the treatment was successful. Keywords: Learning Achievement, Group Investigation

Detail Informasi