
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Pada Siswa Kelas V-A SDN 016 Tarakan
Pengarang : Mulyani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 016 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-A SDN 016 Tarakan yang berjumlah 25 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 16 siswa dan perempuan berjumlah 9 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama, disiplin dan responsif), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi keragaman suku dan budaya di Indonesia pada siswa kelas V-A SDN 016 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 52% pada siklus II meningkat menjadi 92%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 76% pada siklus II meningkat menjadi 96%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 76% pada siklus II meningkat menjadi 96%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: PTK, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture
This type of research is Classroom Action Research (CAR) held at SDN 016 Tarakan in the first semester of the school year 2016/2017. The subjects were students of class V-A SDN 016 Tarakan with the total number of 25 students consisting of 16 male students and 9 female students. This study was conducted in two cycles where each cycle consisting of 2 meetings. The procedure of each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The data obtained in this study including student activity’s observation sheet, teacher activity’s observation sheet, cognitive assessment (achievement test), affective (thorough, cooperative and responsible), and psychomotoric aspect. The results showed that using cooperative learning model picture and picture can improve learning outcomes IPS subject ethnic diversity and culture in Indonesia in Class V-A SDN 016 Tarakan. It can be seen from the results obtained in each cycle. In the first cycle completeness of cognitive aspects of students’ learning outcomes is 73% and on the second cycle increased to 90%. In the first cycle completeness of affective aspects of students’ learning outcomes is 77% and on the second cycle increased to 93%. Then on the first cycle completeness of psychomotor aspects of student learning outcomes is 77% on the second cycle increased to 100%. It can be said that the research has been successful and in accordance with the indicators of success. Keywords: CAR, Learning Results, Cooperative Learning Model Picture and Picture