
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas III SD Negeri 023 Tarakan
Pengarang : Mia Audina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) di kelas III C SDN 023 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 023 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016, dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas III C SDN 023 Tarakan yang berjumlah 31 siswa dengan siswa laki-laki 15 siswa dan perempuan berjumlah 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lember observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (sikap), dan aspek psikomotorik (keterampilan).
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III C SDN 023 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberi tindakan ketuntasan belajar adalah 55,54% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 29% pada siklus II meningkat menjadi 71%. Ketuntasan hasil belajar afektif 61%, pada siklus II meningkat menjadi 93,5%. Kemudian hasil belajar psikomotorik siswa siklus I 64,5%, pada siklus II meningkat menjadi 97%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Numbered Heads Together
The aim of this research is to increase the result of learning mathematics using numbered heads together (NHT) type of cooperative learning model to grade 3 learners at SDN 023 Tarakan. This is a classroom action research whitch was conducted during the second semester 0f 2015/2016. The subjects were 31 learners of SDN 023 Tarakan, 15 male and 16 females. This research was conducted in two cycles, each cycles consists of two meeting. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection stage. The research instrument consisted of observation sheets of learners’ affective aspect, tests on cognitive aspect (question on multiple choices), assessment sheets of learners’ affective and psychomotor aspects. The research finding showed that there was an increase in learners’ learning achievements. This can be seen from learning results of each cycle. Before given the treatment, the learners’ level of minimum accomplishment was 55.54%. For the cognitive aspect, after given the treatment the level reached 29% at the first cycle and 71% at the second one. For the affective aspect, the level reached 61% at the first cycle and 93,5% at the second one. For the psychomotor aspect, the level was 64,5% at the first cycle and reached 97% at the second one. This results indicated that the treatment was successful. Keywords: Learning Achievement, Numbered Heads Together