Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN 009 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN 009 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN 009 Tarakan

Pengarang : Masria Damayanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2016 di Kelas IV SDN 009 Tarakan. Desain penelitian ini adalah non equivalent control group design dengan populasi siswa kelas IV dan sampel terdiri atas dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Teknik Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan uji Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang di ajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match lebih besar daripada hasil belajar kelas kontrol yang diajar menggunakan Model Konvensional. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 78,25 dan kelas kontrol sebesar 56,25. Selain itu juga dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan thitung > ttabel (7,563 > 1,6698). Dengan demikian, penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa.

Kata Kunci: Make A Match, Hasil Belajar PKn

This type of research was quasi-experimental research that aims to determine the Influence of Cooperative Learning Make A Match Model Towardthe Students’ Learning Result. This study was conducted in May 2016 in Class IV SDN 009 Tarakan . This study design used non equivalent control group design with class IV students population and sample consisted of two classes, class IV A as the control class and class IV B as a class experiment. Sampling technique used purposive sampling. Analysis of the data used to analyze the research data was descriptive statistics and the test was Independent sample t-test . The results showed that the learning result in experimental class taught by using the Cooperative Learning Make A Match Model increased the learning result than control classes taught by using conventional model . So that, the result proves that the acquisition posttest mean score was 78.25 in experimental class and control class mean score was 56.25 . It also can be seen from the results of testing the hypothesis by tcount>ttable (7.563> 1.6698 ). Thus, the used of Cooperative Learning giving a significant influence on the result of Civics learning. Keywords: Make A Match, Civics’ Learning Result

Detail Informasi