Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas IV Di SDN 032 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas IV Di SDN 032 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas IV Di SDN 032 Tarakan

Pengarang : Lina Pratiwi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi peta lingkungan setempat siswa kelas IV SDN 032 Tarakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: Hasil belajar siswa dalam 3 aspek yaitu hasil belajar IPS aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta hasil pengamatan aktivitas siswa dan guru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, yaitu pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 73%, afektif 46% dengan kategori baik, psikomotorik 23% dengan kategori baik, aktivitas belajar siswa mencapai persentase 66% dengan kategori cukup, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai rata-rata skor 1,95 dengan kategori cukup. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 81%, afektif 100% dengan kategori baik, psikomotorik 62% dengan kategori sangat baik, aktivitas belajar siswa mencapai persentase nilai 82% dengan kategori baik, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai 3,33 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar IPS materi peta lingkungan setempat siswa kelas IV SDN 032 Tarakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Penelitian Tindakan Kelas, Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik

This study aims to improve learning outcomes environment map material IPS local fourth grade students of SDN 032 Tarakan using cooperative learning model talking stick. This research is a classroom action research conducted in two cycles. The data obtained in this study include: learning outcomes of students in three aspects, namely learning outcomes IPS cognitive, affective and psychomotor and observation activities of students and teachers. The research was conducted in the first semester of the academic year 2016/2017. Based on the results of research carried out, ie the first cycle obtained the degree of completeness of the cognitive 73%, affective 46% in both categories, psychomotor 23% in both categories, student activity reaches the percentage of 66% with enough categories, and the activity of the teacher in the learning process class achieved an average score of 1.95 with enough category. In the second cycle level obtained 81% completeness of the cognitive, affective 100% good category, psychomotor 62% with very good category, student activity reaches the percentage value of 82% in both categories, and the activity of teachers in the learning process in the classroom reached 3.33 with very good category. Based on the results of the study showed that the increase of learning outcomes environment map material IPS local fourth grade students of SDN 032 Tarakan using cooperative learning model talking stick. Keywords: Talking Stick Type of Cooperative Learning Model, Class Action Research, Cognitive, Affective and Psychomotor Aspects

Detail Informasi