Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Pada Siswa Kelas IV-B SDN 016 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Pada Siswa Kelas IV-B SDN 016 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Pada Siswa Kelas IV-B SDN 016 Tarakan

Pengarang : Kurnia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada siswa kelas IV-B SDN 016 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 016 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN 016 Tarakan yang berjumlah 20 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 7 siswa dan perempuan berjumlah 13 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif , aspek afektif, dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat meningkatkan hasil belajar matmatika materi pengukuran siswa kelas IV-B SDN 016 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 65% pada siklus II meningkat menjadi 80%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 60% pada siklus II meningkat menjadi 90%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 70% pada siklus II meningkat menjadi 85%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: PTK, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check

The objective of this research was to improve students’ learning result in Mathematics on the materials about the measurement. This research used the model of cooperative learning typed Pair Check to grade student at class IV-B of SDN 016 Tarakan. The research design used by the researcher was Classroom Action Research (CAR) conducted in SDN 016 Tarakan in semester I academic year 2016/2017. The subject of this research was the students at class IV-B of SDN 016 Tarakan. The number of the students in this class was 20 students of 7 males and 13 females. This research was conducted in two cycles. Each cycle consists of two meetings. The procedure of each cycle consists of planning, acting, observing, and reflecting. The data of this research was taken by using students’ observation sheet, teacher’s observation sheet, cognitive assessment, affective assessment and phsycomotoric assessment. The result of this research proved that by using the model of cooperative learning typed Pair Check could improve students’ learning result in mathematics about the measurement at class IV-B of SDN 016 Tarakan. It could be seen from the percentage in each cycle which the students achieved. Whereas, after applying the model of learning in cycle I, students’ percentage of success in cognitive aspect was 65% and improved to 80% in cycle II. In cycle I students’ learning result in affective aspect was 60% and improved to 90% in cycle II. Then, in cycle I students’ learning result in phsycomotoric aspect was 70% meanwhile in cycle II it was improved to 85%. Therefore it can be concluded that the research was success and correlates with the indicator of success. Keywords: Classroom Action Research, Learning Achievement, Model of Cooperative Larning Type Pair Check

Detail Informasi