Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic Dengan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V-B SDS Yaditra Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic Dengan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V-B SDS Yaditra Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic Dengan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V-B SDS Yaditra Tarakan

Pengarang : Khoirun Nisak - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun dengan menerapkan model pembelajaran visualization auditory kinesthetic dengan pendekatan scientific pada siswa kelas V-B SDS Yaditra Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDS Yaditra Tarakan pada semester II tahun pembelajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-B SDS Yaditra Tarakan yang berjumlah 31 siswa dengan siswa perempuan berjumlah 8 siswa dan siswa laki-laki berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa dalam 3 aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik serta hasil pengamatan aktivitas siswa dan guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran visualization auditory kinesthetic dengan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar matematikan materi sifat-sifat bangun siswa kelas V-B SDS Yaditra Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar hanya 36% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar aspek kognitif menjadi 39% pada siklus II meningkat menjadi 81%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 55% pada siklus II meningkat menjadi 77%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 39% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Pada siklus I aktivitas belajar siswa 64% pada siklus II meningkat menjadi 84%. Pada siklus I aktivitas mengajar guru 73% pada siklus II meningkat menjadi 88%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic, Pendekatan Scientific

The purpose of this research is to increasing math studied result with the application of property of geometry matery using Visualization Auditory Kinesthetic role play studied model with Scientific approach for students in class V-B SDS Yaditra, Tarakan. The type research used by the researcher was classroom action research that was held in SDS Yaditra Tarakan on second semester of 2015/2016. The subject were the students in class V-B SDS Yaditra Tarakan with total of 31 students. With total of girls up to 8 and boys up to 23 students. This research was devided by 2 cyclus, for every cyclus consist with planning, implementation, observation, and reflection. The data that received from this research was the studied result devided in three aspect, cognitive aspect, affective aspect, and pscychomotoric aspect, and the result from students and teachers activity observation. This studied result showing, if using the application of Visualization Auditory Kinesthetic role play studied model with Scientific approach can increasing the studied result for math with property of geometry matery for students in class V-B SDS Yaditra Tarakan. This thing can be seen from the result in every cyclus, before applied the method the result was just 36% and after applied the method in first cyclus for cognitive aspect increasing up to 39%, in second cyclus increasing up to 81%. In first cyclus affective aspect the result was 55% and second cyclus increasing up to 77%. In first cyclus pscychomotoric aspect the result was 39% and second cyclus increasing up to 100%. In first cyclus activity of students were 64% and second cyclus increasing up to 84%. In first cyclus activity of teachers were 73% and second cyclus increasing up to 88%. So, we can say the research was success and same with successful indicator. Keywords: Studied Result, Visualization Auditory Kinesthetic Role Play Studied Model, Scientific Approach

Detail Informasi