
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Di Kelas IV-C SDN 043 Tarakan
Pengarang : Jenifer Buena Rante Layuk - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV-C SDN 043 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 043 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-C SDN 043 Tarakan yang berjumlah 27 siswa dengan siswa laki-laki 13 dan perempuan berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar) aspek afektif (kerjasama kelompok) dan aspek psikomotorik (games dan tournament).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IVC SDN 043 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar siswa hanya 27%% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan belajar siswa aspek kognitif menjadi 33% pada siklus II meningkat menjadi 78%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 0% siswa yang tuntas pada siklus II meningkat menjadi 100% atau dalam kategori baik sekali. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 11% pada siklus II meningkat menjadi 100% atau dalam kategori baik sekali. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Team Games Tournament, Hasil Belajar Siswa
The objective of this research was to improve student learning result in mathematic by using the model cooperative learning typed team games tournament at class IV-C of SDN 043 Tarakan. The research design used by the researcher was Classroom Action Research (CAR) conducted in SDN 003 Tarakan in semester I academic yeas 2016/2017. The subject of this research was the students at class IV-C of SDN 043 Tarakan. The number of the students in this class was 27 students of 13 males and 14 females. This research was conducted in two cycles. Each cycle consisted of two meetings. The procedure of each cycle consisted of planning, acting or implementing, observing and reflecting. The data of this research was taken by using student observation sheet, teacher’s observation sheet, cognitive assessment (learning result test), affective assessment (group work) and psychomotor assessment (games and tournament). The result of this research proved that by applying the model of cooperative learning typed Team Games Tournament could improve students learning result in mathematics at class IV-C SDN 043 Tarakan. It could be seen from the percentage in each cycle which the students achieved. The percentage of success was 27% only before applying the learning model. Whereas, after applying the model of learning in cycle I, students percentage of success in cognitive 33% and improved to 78% in cycle II. In cycle I students learning result in affective aspect was 0% whereas in cycle II it was improved to 100% or in the category of good. Then, in cycle I students learning result in psychomotor aspect was 11% meanwhile in cycle II it was improved to 100% or in the category of good. Therefore it can be cocluded that the research was success and correlates with the indicator of success. Keywords: Cooperative Learning, Team Games Tournament, Students Learning Result