
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Pada Kelas III-B SDN 010 Tarakan
Pengarang : Jamilah Nurkumala - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ips materi memahami kegiatan jual beli dilingkungan rumah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe ENE pada siswa kelas III-B SDN 010 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 010 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas III-B SDN 010 Tarakan yang berjumlah 22 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 11 siswa dan perempuan berjumlah 11 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (teliti kerjasama kelompok, dan tanggung jawab), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe ENE dapat meningkatkan hasil belajar Ips materi memahami kegiatan jual beli dilingkungan rumah siswa kelas III-B SDN 010 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 73% pada siklus II meningkat menjadi 86%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 73% pada siklus II meningkat menjadi 86%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 64% pada siklus II meningkat menjadi 86%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ENE, Siswa
This research object is to improve IPS achievement in understanding sell- boy achivity in arround home by applied Cooperative tye Eng Learning model for III-B Grade Students of SDN 010 Tarakan. This research method is Classroom Action Research that was do at SDN 010 Tarakan on second semester in academic year 2015/2016. This research subject is the students of III-B grade of SDN 010 Tarakan that contain 22 students, with 11 male students, and 11 female students. This research was do in 2 cycle, each cycle contained 2 meetings. The research procedure of each cycle is planning, action,observation, and refleching. The data was by observation sheet of student, observation sheet of teacher, cognitive aspect score (result tes), affective aspect (grouping, and responsibility) and psychomotoric aspect. This research shown that by applied Cooperative ENE Learning model can improved student’s IPS achievement to understand the sell-buy activity in arround home of III-B garde studentsof SDN 010 Tarakan. It can be seen by the result of each cycle in cycle I students Cognitive aspect was 73% in cycle II was imprroved become 86%. In cycle I student afective aspect was 73% in cycle II was improved become 86%. Then in cycle I pschymotoric aspect was 64% in cycle II was improved become 86%. So, it can be concluded that this research was succes and appropriate with succes indicator. Keywords: Learning Result, Cooperative Type ENE Learning Model, Student