Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV-2 Di SDN 018 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV-2 Di SDN 018 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV-2 Di SDN 018 Tarakan

Pengarang : Ika Trisnawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi alat indera manusia dan pemeliharaannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth berbantuan word square untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV-2 SDN 018 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 018 Tarakan pada semester II tahun 2015/2016, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV-2 SDN 018 Tarakan yang berjumlah 35 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 17 siswa dan perempuan berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, penilaian aspek kognitif yang terdiri dari 20 soal isian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth berbantuan word square untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi alat indera manusia dan pemeliharaannya di kelas IV-2 SDN 018 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus , sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar kognitif siswa adalah 54,56% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 61,76% pada siklus II meningkat menjadi 79,41%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Alam, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Macth Berbantuan Word Square

The purpose of this research is to improve learning outcomes material human senses and maintenance tool in class IV-2 SDN 018 Tarakan. This type of research used by the research is the Classroom Action Research (CAR) held in SDN 018 Tarakan in second semester II of the year 2015/2016, the research subjects were students of class IV-2 SDN 018 Tarakan totaling 35 students consist of 17 male students and 18 female students. This study was conducted in two cycles each cycle consisting of 3 meetings. The procedure of each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. Data obtained in this research include teacher observation sheet activities, observation of student activity sheets, assessment cognitive aspect which consists of 20 question stuffing. The results showed that by applying the learning model make a macth aided word square can increase student learning outcomes IPA human senses and maintenance in class IV-2 SDN 018 Tarakan. It can be seen from the results obtained in each cycle, before the given action is mastery learning students' cognitive 54,56% and after being given the action in the first cycle completeness cognitive learning outcomes of students to 61,76% on the second cycle increased to 79,41%. It can be said that the research has been succesful and in accordance with the indicators of succes. Keywords: Natural Scinces, Leraning Achievement, Make A Macth Aided Word Square

Detail Informasi