Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make–A Match Di Kelas IV-A SDN 016 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make–A Match Di Kelas IV-A SDN 016 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make–A Match Di Kelas IV-A SDN 016 Tarakan

Pengarang : Heru Darmawan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 016 Tarakan pada pembelajaran IPS menggunakan model kooperatif tipe make a match. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, mulai tanggal 28 Juli – 4 Agustus 2016. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN 016 Tarakan dengan jumlah 26 siswa, dengan rincian 13 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa materi Unsur-Unsur Peta di kelas IV SDN 016 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I siswa sebesar 40% pada siklus II meningkat menjadi 80%. Kemudian hasil belajar afektif siklus I sebesar 45%, pada siklus II meningkat menjadi 80%. Kemudian hasil belajar psikomotorik siklus I sebesar 40%, pada siklus II meningkat menjadi 75%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: IPS, Hasil Belajar, Make A Match

Research method is Classroom Action Research (CAR). This research aims to improve the students learning result of IPS for four grade of SDN 016 Tarakan through cooperative learning model type Make a Match. This research has two cycle, juli 28 – agustus 4 2016. The subject of this research is fourth grade students of SDN 016 Tarakan. The total members of the population is 26 students, 13 female students and 13 male students. The research result show that cooperative learning model type make a match could improve students learning results of IPS on globalization course for fourth grade students of SDN 016 Tarakan. It can be seen from the percentage of students cognitive learning results on first cycle of 40% on second cycle increased of 80%. Then affective learning results on first cycle is 45% on second cycle become 80%. Last psycomotoric learning results on first cycle of 40% and second cycle increased of 75%. So, it can be said that the research was succesfully and accordance with the indicators of success. Keywords: IPS, Learning Result, Make A Match

Detail Informasi