Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menulis Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Di Kelas V SDN 032 Tanjung Batu Tarakan Tahun Pembelajaran 2012-2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menulis Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Di Kelas V SDN 032 Tanjung Batu Tarakan Tahun Pembelajaran 2012-2013

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menulis Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Di Kelas V SDN 032 Tanjung Batu Tarakan Tahun Pembelajaran 2012-2013

Pengarang : Heri Nensyh - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis di Kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar seri di SDN 032 Tanjung Batu Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri empat tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2012 di semester 1 tahun pembelajaran 2012-2013.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan afektif siswa dan pengamatan aaktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa siklus I sebesar 71,5 dan siklus II meningkat menjadi 75,25. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan Siswa dalam menulis karangan sederhana di Kelas V pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 032 Tanjung Batu Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Gambar Seri

The objective of this study is to improve students’ writing skill in bahasa Indonesia Subject by using picture series at SDN 032 Tanjung Batu Tarakan. This study was done in 2 cycles. Each consist of four steps are: planning, implementation, action and reflection. This study was conducted on October to December 2012 in 1 st semester academic year 2012/2013. The data collection techniques used in this study are test and observation. The instruments are paper test, observation sheet and teacher observation activity in teaching process. In this study shows the students’ average score in 1st cycle is 71,5 and improve in the 2nd cycle become 75,25. In short it can be concluded that by using picture series will affect the students’ ability in writing short story in Bahas Indonesia subject in grade V at SDN 032 Tanjung Batu Tarakan. Keywords: Students’ Learning Outcome, Picture Series

Detail Informasi