Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas V-D SDN Utama 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas V-D SDN Utama 2 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas V-D SDN Utama 2 Tarakan

Pengarang : Herdiana Purnama - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together di kelas V-D SDN Utama 2 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas V-D SDN Utama 2 Tarakan yang berjumlah 30 siswa, data yang di peroleh dengan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk uraian, lembar pengamatan siswa, dan lembar pengamatan guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 44%. Dari kreteria ketuntasan minimum (65). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 47% menjadi 77%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together

The aim of this research is to improve mathematics learning outcome using active learning of numbered heads together type in V-D SDN Utama 2 Tarakan on multiplication and division material. The type of this research is classroom action research (CAR) which was held in 2 cycles, where each consists of planning, action, observation, and reflection. The object of this research is student in V-D class of SDN Utama 2 Tarakan with the total number of 30 students. Data found using student’s learning outcome tes in commentary, teacher’s activity observation form, and student’s activity observation form. The result of this research shows that there is an increase in studend’s learning outcome. It can be seen from the result found in each cycle before given the treatment where there are 44% of students passed the minimum passing criteria (65). After treatment was given in cycle I and II, the student’s learning outcome increased significantly from 47% to 77%. Keywords: Learning Achievement, Numbered Heads Together Type Of Cooperative Learning Model

Detail Informasi