
Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas V B Di SDN 019 Tarakan
Pengarang : Hamdan Zainal - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B SDN 019 Tarakan pada pembelajaran PKn menggunakan model kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, mulai tanggal 28 Juli–10 Agustus 2016. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V B SDN 019 Tarakan dengan jumlah 38 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa materi menjaga keutuhan NKRI di kelas V B SDN 019 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I siswa sebesar 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 75%. Kemudian hasil belajar afektif siklus I sebesar 47%, pada siklus II meningkat menjadi 89%. Kemudian hasil belajar psikomotorik siklus I sebesar 78%, pada siklus II meningkat menjadi 92%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: PKn, Hasil Belajar, Number Head Together (NHT)
Design of research is Classroom Action Research (CAR). This research aims to improve the students learning result of PKn for fifth grade of SDN 019 Tarakan through cooperative learning model type Number Head Together (NHT). This research has two cycle, July 28th–10th 2016. The subject of this research is fifth grade students of SDN 019 Tarakan. The total members of the population is 38 students. Result show that cooperative learning model type Number Head Together (NHT) could improve students learning results of PKn on “Menjaga Keutuhan NKRI” for fifth grade students of SDN 019 Tarakan. The percentage of students cognitive learning results on first cycle of 50% on second cycle increased of 75%. Then affective learning results on first cycle is 47% on second cycle become 89% and the last one psycomotoric learning results on first cycle of 78% and second cycle increased of 92%. Indicators are complete and The research was succesfully. Keywords: PKn, Learning Result, Number Head Together (NHT)