
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 018 Tarakan
Pengarang : Fitri Purnama Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2016 di Kelas IV SDN 016 Tarakan. Desain penelitian ini adalah Pretest – Posttest Control Group Design dengan populasi siswa kelas IV dan sampel terdiri atas dua kelas yaitu kelas IV 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV 3 sebagai kelas kontrol. Teknik Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan uji Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA kelas eksperimen yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih besar daripada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kelas kontrol yang diajar menggunakan Model Konvensional. Hasil uji Independent sample t-test terhadap pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) dengan model konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh thitung 2,313 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 68 diperoleh 1,6676 berarti thitung > ttabel dan untuk Hasil Belajar IPA siswa diperoleh thitung 4,384 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 68 diperoleh 1,6676 berarti thitung > ttabel.
Dengan demikian, penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe student team achievement division memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa.
Kata Kunci: Student Team Achievement Division (STAD), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar IPA
This type of research was quasi-experimental research that aims to determine the influence of Cooperative Learning Type Student Team Achievement Division (STAD) toward the Critical Thingking Skill and Natural Sciences Learning Result of Student. This study was conducted in May 2016 in class IV SDN 018 Tarakan. This study design used pretest – posstest control group design with class IV students population and sample consisted of two classes, class IV 1 as the experiment class and class IV 3 as the control class. Sampling technique used sample random sampling. Analysis of the data used to analyze the research data was descriptive statistics and the test was Independent sample t-test. The results showed that the Critical Thingking Skill and Natural Sciences Learning Result in experimental class taught by using the Cooperative Leraning Type Student Team Achievement Division (STAD) increased the Critical Thingking Skill and Natural Sciences Learning Result that control classes taught by using conventional model. Test result independent sample t-test against the influence of learning model type of Student Team Achievement Division (STAD) with the model conventional been reviewed from the critical thingking skill obtained tcount 2,313 on the taraf signifikansi 0,05 and df = 68 obtained 1,6676 mean tcount > ttable and for the Natural Sciences Learning Result of Student obtained tcount 4,384 on the taraf signifikansi 0,05 and df = 68 obtained 1,6676 mean tcount > ttable. Thus, the used of Cooperative Learning type student team achievement division (STAD) provides influences signifikansi against the ability to critical thingking skill and Natural Sciences Learning result of student. Keywords: Cooperative Learning Type (STAD), Critical Thingking skill, Natural Sciences Learning Result