Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 006 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 006 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 006 Tarakan

Pengarang : Ernawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian di lakukan pada semester genap tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas IV SDN 006 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian percobaan (Experiment Research). Sampel penelitian di ambil dengan teknik sampel random sederhana (simple random sampling) yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan uji statistic independent sample test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang di ajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) lebih besar dari pada hasil belajar kelas kontrol yang diajar menggunakan Model Konvensional. Hal tersebut dapat di buktikan dengan perolehan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 63.56 dan kelas kontrol sebesar 42.38. Selain itu, juga dapat di lihat dari hasil uji hipotesis dengan thitung >ttabel yakni 7.087>1.6683. Dengan demikian, penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Think Pair and Share (TPS), Hasil Belajar Matematika

This research do in the second semester of the 2015/2016 study. The study aims to knowing the influence of Model Cooperative Learning Think Pair and Share (TPS) on the math learning outcomes In Class IV SDN 006 Tarakan. This research is a Experiment Research. The research sample was taken by random sampling technique which consists of two classes, that is class IV as an experimental class and class IVB as the control class. Analysis of the data used descriptive statistics and statistical tests independent sample tes. The result showed the learning outcomes of experimental class teaching use Model Cooperative Learning Tipe Think Pair and Share more than outweight the learning outcomes of control class teaching use the conventional model. It can be prove by the average value posstest of experimental class is 63,56 and the control class is 42,38.But also can be seen from the result of testing hypothesis with thitung >ttabel yis 7.087>1.6683. So the utilization of Model Cooperative Learning Think Pair and Share giving a significant influence on the result of mathematics learning. Keywords: Think Pair and Share (TPS), The Result Of Mathematics Learning

Detail Informasi