Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas VB SDN 016 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas VB SDN 016 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas VB SDN 016 Tarakan

Pengarang : Endang Juliarty - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia siswa kelas VB SDN 016 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dlam 2 siklus, masing-masing empat komponen yaitu Planning (Perncanaan), Action (Tindakan), Observating (Pengamatan), dan Reflecting (Refleksi).
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif, dan lembar penilaian pengamatan aktivitas siswa secara klasikal pada aspek psikomotorik siklus I yaitu 43% siswa yang dinyatakan telah tuntas sedangkan 57% siswa yang tidak tuntas. Mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 86% siswa yang telah dinyatakan tuntas. Sedangkan yang tidak tuntas 14%. Rata-rata ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada aspek afektif siklus I yaitu 54% siswa telah tuntas sedangkan 46% siswa yang tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus II pada aspek afektif yaitu 79% siswa yang telah tuntas sedangkan hanya 21% siswa yang tidak tuntas. Rata-rata ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada aspek kognitif pada siklus I yaitu siswa yang telah tuntas yaitu 50% sedangkan yang tidak tuntas yaitu 50% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu siswa yang tuntas 82% dan tidak tuntas yaitu 5%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dsimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran koopertatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia siswa kelas VB SDN 016 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia

This study aims to improve student learning oucomes in the matter of the digestive system in humans grades of SDN 016 Tarakan. This type of research used by researchers is the Classroom Action Research (PTK). Classroom Action Research (PTK) was conduted in two cycles, each of the four components, namely Planning (Planning) Action (Action), Observating (Observation), and Reflecting (Refelction). Data collection tehniquest used are tes and non-test. Darta collection instruments used wre a test of learning outcomes, student assessment sheets psychomotor, affective assessment sheets and sheets observationof student activity in learning management. The average completeness classic student learning outcomes in psychomotor aspect of the the first cycle that 43% of students have otherwise been completed, while 57% of students did not complete. Increased in the second cycle, namely 86% of students have otherwise completed whereas 14% who did not complete. The average completeness classical student learning outcomes in the affective aspects of the first cycle that 54% of student learning outcomes in the second cycle in the affective aspects, while 46% of students did not complete has increased in the second cycle in the affective aspects, namely 79% of students completed while only 21% of students did not complete. The average completeness classical student learning outcomes on cognitive aspects in the first cycle is students who have completed at 50%, while incomeplete, namely a 50% increase in the second cycle is complete student with 82% and 18% complete. Based on the result of this study concluded that by applying the type cooperative learning model of Numbered Heads Together can improve learning outcomes IPA on the material the digestive system in humans graders of SDN 016 Tarakan. Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Learning Model Numbered Heads Together, The Digestive System In Human

Detail Informasi