
Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V-B Di SDN 009 Tarakan
Pengarang : Dimas Arief Rizaldy - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen di kelas V-B SDN 009 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 009 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-B SDN 009 Tarakan yang berjumlah 32 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 17 siswa dan perempuan berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama kelompok, disiplin dan percaya diri), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Metode Pembelajaran Eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V-B SDN 009 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 59% pada siklus II meningkat menjadi 92%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 38% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 56% pada siklus II meningkat menjadi 92%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Eksperimen
The objective of this study is to improve sains’ Learning Method Eksperimen of at the V B class in SDN 009 Tarakan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 009 Tarakan at one semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of V-B class in SDN 009 Tarakan which consists of 17 male and 15 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, discipline, and courtesy) and psychomotor assessment. The result of this research shows that by implementing Learning Method Eksperimen can improve students’ achievement in learning at the V B class in SDN 009 Tarakan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 59%, and having an improvement in cycle II, that is 92%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 38%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 56%, and having an improvement in cycle II, that is 92%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Learning Method Experiment