Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV-B SDN 004 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV-B SDN 004 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV-B SDN 004 Tarakan

Pengarang : Diar Adiastuti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV-B SDN 004 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 004 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN 004 Tarakan yang berjumlah 24 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 12 siswa dan perempuan berjumlah 12 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama kelompok, disiplin dan santun), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi siswa kelas IV-B SDN 004 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 75% pada siklus II meningkat menjadi 92%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 79% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 79% pada siklus II meningkat menjadi 92%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS, Siswa

The objective of this study is to improve students’ achievement in learning Civic especially for globalization material by implementing Cooperative Learning Type of TSTS at the IV-B class in SDN 004 Tarakan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 004 Tarakan at second semester in academic year of 2015/2016. The subjects of this research are students of IV-B class in SDN 004 Tarakan which consists of 12 male and 12 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, discipline, and courtesy) and psychomotor assessment. The result of this research shows that by implementing cooperative learning type of TSTS can improve students’ achievement in learning Civic especially for globalization material at the IV-B class in SDN 004 Tarakan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 75%, and having an improvement in cycle II, that is 92%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 79%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 79%, and having an improvement in cycle II, that is 92%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Model of Cooperative Learning Type TSTS, Student

Detail Informasi