
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V-5 SDN Utama 2
Pengarang : Dia Mustika Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi sifat-sifat cahaya menggunakan pendekatan scientific berbantuan media audio visual pada siswa kelas V-5 SDN Utama 2 Tarakan pada semester genap tahun pembelajaran 2015/2016.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SDN Utama 2 Tarakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V-5 SDN Utama 2 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: Hasil belajar siswa dalam 3 aspek yaitu hasil belajar IPA yang merupakan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta hasil pengamatan aktivitas siswa dan guru.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, yaitu pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 60%, psikomotorik 40%, afektif 73%, aktivitas belajar siswa memperoleh presentase 63% dan aktivitas guru memperoleh presentase rata-rata 3,33%. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 86%, psikomotorik 80%, afektif 90%, aktivitas belajar siswa mencapai presentase 83% dan aktivitas guru pada proses pembelajaran dikelas mencapai rata-rata 4,15. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V-5 SDN Utama 2 Tarakan.
Kata Kunci: Sifat-Sifat Cahaya, Pendekatan Scientific, Media Audio Visual
The aim of this study is to improve IPA learning achievement about properties of light through scientific approach assisted by media audio visual for students of V-5 SDN Utama 2 Tarakan in second semester on academic year 2015/2016. Classroom Action Research (CAR) is conducted in SDN Utama 2 Tarakan in the second semester of the academic year 2013/2014, the research subjects were students of V-5 grade in SDN Utama 2 Tarakan. This research is conducted in two cycles in which each cycle consists of two meeting. The data obtained in this research includes: students’ learning achievement in three aspect, that are the result of cognitive, affective, and psychomotor student’s learning achievement, and teacher’s and students’ activeness of observation activities. From the findings that is done, it can be seen for the first cycle was gained 60% completeness cognitive aspect level, 40% psychomotor, and 73% affective, the student’s activeness observation 63% and teacher’s activities in learning process in the classroom got result 3,33%. In the second cycle was gained 86% completeness cognitive aspect, 80% psychomotor, 90% affective, then student’s activities got 83% and teacher’s activities in learning process in the classroom got 4,15. Based on findings of this research can be concluded that through scientific approach improve IPA learning score of V-5 grade students in SDN Utama 2 Tarakan. Keywords: Properties of Light, Scientific Approach, Media Audio Visual