
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan PMRI Sebagai Pendekatan Pembelajaran Matematika Di Kelas IV A SDN O15 Tarakan
Pengarang : Dharma Alamsyah Putra - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan melalui empat tahap yaitu yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 015 Tarakan yang berjumlah 24 siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran matematika melalui pendekatan PMRI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes yaitu berupa tes hasil belajar (THB) dan teknik non tes berupa lembar observasi siswa dan lembar observasi guru.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan PMRI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SDN 015 Tarakan. Hal ini dapat dilihat pada aktivitas siswa di siklus I dengan rata-rata sebesar 50% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 94,2%. Hal serupa juga terjadi pada aktivitas guru yaitu pada siklus I rata-rata keseluruhan mencapai 68% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 96,15%. Sedangkan pada kemampuan kognitif siswa secara klasikal dapat dilihat dari hasil siklus I yang mencapai 62,5% dengan siswa yang tuntas berjumlah 15 siswa dan 9 siswa dinyatakan tidak tuntas, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan jumlah 24 siswa dinyatakan tuntas.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Pembelajaran PMRI
In the implementation of the study, researchers used the design of classroom action resarch (CAR) which was conducted in two cycles through four stages: planning, action, observation, and reflection. The object of this research is student in IV A SDN 015 Tarakan with the total number of 24 students. The purpose of this research was to determine the learning outcome of students in math through the approach followed PMRI. The technique data collection is by using technique tes such as achievment test and non-test technique such as observation sheet student and teacher sheet observation. The results of this research indicate that the study of mathematics by using PMRI approach can improve student learning outcomes class IV A SDN 015 Tarakan. This can be seen in the student activitiy in cycles I with an average of 50% and than increased in cycle II to 94,2%. It is also common in teacher activity is in cycle I average of 68% and than increased in cycle II to 96,15%. While on the cognitive aspects of the students in the classical can be seen from the results of cycle I reached 62,5% of students who completed the total 15 students and 9 students expressed not complete, and than the increase in cycle II to 100% with a total of 25 students declared complete. Keywords: Learning Achievement, The Learning Approach PMRI