
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN 032 Tarakan
Pengarang : Desi Ratna Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas IV SDN 032 tarakan. Bagi siswa penelitian ini menarik dilakaukan untuk Menumbuhkan keberanian siswa untuk bertanya kepada guru, Agar siswa lebih mudah mengerti materi yang dipelajari dan agar mendapatkan hasil belajar siswa yang akan lebih baik.
Metode dalam penelitian ini adalah tindakan kelas secara langsungyang dilaksanakan dalam dua siklus, prosedur penelitian yang mengahasilkan data pengamatan aktivitas guru,data aktivitas belajar siswa, dan data hasil belajar siswa (Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik).
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di SDN 032 Tarakan pada semester genap tahun pembelajaran 2016/2017. Peneliti menyimpulkan bahwa bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match telah meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV pada materi menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat. Peningkatan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh pada aspek kognitif siklus I adalah 19 % dan setelah dilakukan siklus 2 terjadi peningkatan menjadi 76%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh pada aspek afektif siklus I adalah 65 %,setelah dilakukan penelitian pada siklus 2 meningkat menjadi 88%. Sedangkan Peningkatan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh pada aspek psikomotorik siklus I adalah 57% ,setelah dilakukan siklus 2 meningkat menjadi 84%.
Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match
The purpose of this research is to improve the results of social studies using cooperative learning model make a match in the fourth grade SDN 032 Tarakan. For students in this study interesting dilakaukan to Grow courage students to ask the teacher, For students more easily understand the material being studied, and in order to obtain student learning outcomes will be better. The method in this research is a class act directly implemented in two cycles, the research procedures that result in teacher activity observation data, the data of student learning activities, and student learning outcomes data (Cognitive, Affective, and Psychomotor). Based on the results of research conducted in SDN 032 Tarakan in the second semester of 2016/2017 learning year. Researchers concluded that that the cooperative learning model make a match has been improving learning outcomes IPS grade IV in respect of material diversity of tribes and cultures. Increased mastery learning outcomes obtained in the cognitive aspects of the first cycle is 19% and after the second cycle increased to 76%. Increased mastery learning outcomes obtained in the affective aspects of the first cycle is 65%, after the study in cycle 2 increased to 88%. While the completeness Improved learning outcomes obtained in the psychomotor aspects of the first cycle is 57%, after the second cycle increased to 84%. Keywords: Improving Learning Outcomes With Cooperative Learning Model Make A Match