
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V A SDN 004 Tarakan
Pengarang : Dedy Apriansyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share berbantuan Metode Demonstrasi kelas V A SDN 004 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 004 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas V A SDN 004 Tarakan yang berjumlah 30 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 15 siswa dan perempuan berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama kelompok, disiplin dan santun), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share berbantuan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V A SDN 004 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 60% pada siklus II meningkat menjadi 90%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 50% pada siklus II meningkat menjadi 90%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 53% pada siklus II meningkat menjadi 87%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Metode Demonstrasi
The objective of this study is to improve sains’ Cooperative Learning Type of Think Pair Share aided Method of Demonstration at the V A class in SDN 004 Tarakan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 004 Tarakan at second semester in academic year of 2015/2016. The subjects of this research are students of V A class in SDN 004 Tarakan which consists of 15 male and 15 female students. The research is conducted in three cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, discipline, and courtesy) and psychomotor assessment. The result of this research shows that by implementing cooperative learning type of Think Pair Share aided Method of Demonstration can improve students’ achievement in learning at the V A class in SDN 004 Tarakan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 60%, and having an improvement in cycle II, that is 90%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 50%, and having an improvement in cycle II, that is 90%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 53%, and having an improvement in cycle II, that is 87%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Model of Cooperative Learning Type Think Pair Share Aided Method of Demonstration