Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Pada Siswa Kelas IV-B SDN 001 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Pada Siswa Kelas IV-B SDN 001 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Pada Siswa Kelas IV-B SDN 001 Tarakan

Pengarang : Citra Amalia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi teknologi produksi, transportasi dan komunikasi dari masa ke masa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples pada siswa kelas IV-B SDN 001 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 001 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN 001 Tarakan yang berjumlah 31 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 22 siswa dan perempuan berjumlah 9 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan kerjasama), dan aspek psikomotorik (presentasi kelompok).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi teknologi produksi, transportasi dan komunikasi dari masa ke masa siswa kelas IV-B SDN 001 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 74% pada siklus II meningkat menjadi 87%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 74% pada siklus II meningkat menjadi 93%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 77% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif, Examples Non Examples

The objective of this study is to improve students’ achievement in learning IPS especially for production technology and communications time by time materials by implementing cooperative learning model type of Examples non Examples at the IV-B class in SDN 001 Tarakan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 001 Tarakan at second semester in academic year of 2015/2016. The subjects of this research are students of IV-B class in SDN 001 Tarakan which consists of 22 male and 9 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, discipline, and courtesy) and psychomotor assessment (groups’ presentation). The results of this research show that by implementing cooperative learning model type of Example non Example can improve students’ achievement in learning IPS especially for production technology and communications time by time materials at the IV-B class in SDN 001 Tarakan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 74%, and having an improvement in cycle II, that is 87%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 74%, and having an improvement in cycle II, that is 93%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 77%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, IPS, Cooperative Learning Model, Examples Non Examples

Detail Informasi