
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V-B SDN 021 Tarakan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif
Pengarang : Aziz Bahrudin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan untuk kelas lima siswa SDN 021 Tarakan telah ditemukan ada banyak masalah, yaitu (1) siswa konsep matematika, (2) siswa sulit untuk menyelesaikan pertanyaan matematika dengan aplikasi, (3) siswa menganggap matematika yang pelajaran hanya pinjaman dan (4) siswa bosan dengan cuaca dari kelas yang kurang mendukung mengembangkan siswa baik secara optimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat siswa meningkat matematika, hasil dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dalam siswa kelas V SDN 021 Tarakan belajar. Subyek penelitian kelas tindakan kelas yang siswa kelas V SDN 021 Tarakan, bahwa jumlah 21 siswa. Kelas kelas tindakan capai dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 curam ada perencanaan, tindakan, mengamati dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan teknik observasi.
Hasil belajar matematika di tes awal sebelum siklus, mendapatkan rata-rata 63,10 dengan siswa kelengkapan studi klasik 48% pada siklus rata pertama mendapatkan 48. 10 dengan siswa kelengkapan klasik 80%, dan pada siklus kedua rata-rata belajar peningkatan hasil untuk 71 dengan kelengkapan studi klasik 81,10%, kesimpulan dari kelas tindakan kelas adalah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 021 Tarakan.
Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas kelas adalah penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pada siswa kelas V SDN 021 Tarakan meningkatkan hasil belajar karakter struktur datar.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Kooperatif
Based on the observation result for grade five student of SDN 021 Tarakan have discoverable there are many problems, that is (1) students have mathematic concepts, (2) students difficult to resolve mathematic question with application, (3) the student assume that mathematic lesson only a loans and (4) students get bored with the weather of class that less of supporting develop the excellent student optimally. The aim of research is to perceive the increasing students mathematic, learning result with application lesson model cooperative in fifth grade student of SDN 021 Tarakan. The subject of research classroom action class are fifth grade students of SDN 021 Tarakan, that amount 21 students. Classroom action class is accomplish in 2 cycles, each cycles consist of 4 steep there are planning, action, observing and reflection. Data was collected by using test and observation technic. Result of mathematic learning in early test before cycle, obtain average 63.10 with student completeness classical study is 48% in first cycle average obtain 81. 17 with students completeness classical 80%, and in second cycle the average of learning result increase to 71 with completeness classical study is 81.10 %, conclusion of classroom action class is application lesson model Numbered Heads Together able to improve mathematic learning result fifth grade student of SDN 021 Tarakan. The conclusion of the research classroom action class is research by using lesson model cooperative in fifth grade students of SDN 021 Tarakan improving learning result to flat structure character. Keywords: Mathematic Learning Result, Cooperative Model