Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tema Makananku Sehat Dan Bergizi Pada Aspek Keterampilan Di Kelas IV SDN Utama 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tema Makananku Sehat Dan Bergizi Pada Aspek Keterampilan Di Kelas IV SDN Utama 1 Tarakan

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tema Makananku Sehat Dan Bergizi Pada Aspek Keterampilan Di Kelas IV SDN Utama 1 Tarakan

Pengarang : Ayu Uswatun Khasanah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) untuk kelas IV pada tema makananku sehat dan bergizi di SDN Utama 1 Tarakan dan menghasilkan LKS yang layak untuk digunakan.
Penelitian ini mengadopsi Prosedur penelitian dan pengembangan (research and development) dari Sugiyono, yang terdiri dari penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan dan pengembangan produk awal, validasi produk, uji coba lapangan awal, revisi utama, uji lapangan kelompok kecil, revisi produk, uji lapangan operasional dan revisi produk akhir.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (a) LKS termasuk dalam kategori valid dari aspek isi dengan skor rata-rata 4,12 kategori sangat baik, aspek bahasa dengan skor rata-rata 4 kategori baik dan aspek sajian dan grafis dengan skor rata rata 4 kategori baik (b) LKS termasuk dalam kategori praktis dengan skor rata rata 3,89 kriteria baik(c) LKS termasuk dalam kategori efektif dari aspek pengamtan aktivitas siswa skor rata-rata 4,08 kriteria sangat baik, angket respon siswa 3,49 kategori baik, aspek keterbacaan dengan skor rata-rata 91 kategori mudah.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, LKS, Model Borg and Gall

This research aims to result student worksheet for grade IV on theme makananku sehat and bergizi aspect of skill of SDN Utama 1 Tarakan and aims to result valid student work to be used. This research was Research and Development with adopt procedure from Sugiyono which is research and information collecting, planning, develop preliminary form a product, preminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing and final product revision. This result showed thar : (a) student worksheet included in the category of valid from aspect content with average score 4,12 category very good, aspect language with average score 4 category good and aspect appear and graphic with average 4 category good (b) student worksheet included in the category of practice with average score 4 category good (c) student worksheet included in the category effective from aspect observation student activity with average score 4,08 category very good, aspect student respon with average 3,49 category good and cloze procedure with average score 91 category easy. Keywords: Research and Development, Student WorkSheet, Model Borg and Gall

Detail Informasi