
Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Dengan Permainan Monopoli Jurnal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Reka Tia Andaresta - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan permainan monopoli jurnal terhadap hasil belajar siswa dari segi kognitif, sikap dan keterampilan proses sains pada materi sistem ekskresi kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan Tahun Ajaran 2017/2018 dan sampel penelitian yaitu kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-J sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data ada dua yaitu tes dan lembar observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji anacova untuk uji segi kognitif dan uji t- sampel bebas untuk uji sikap dan keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dari analisis kovarian, hasil belajar dari segi kognitif nilai signifikan 0,001 dan pada hasil belajar dari segi sikap diperoleh nilai signifikan 0,006 dan nilai keterampilan proses sains diperoleh nilai 0,002, hal ini diartikan nilai signifikan pada segi kognitif, sikap dan keterampilan proses sains lebi kecil dari ? = 0,05. Berdasarkan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan permainan monopoli jurnal terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan.
The purpose in this study to find out influence learning model POE (Predict-Observe-Explain) with the journal monopoly game of student results in term of cognitive, attitudes and skills of the science process on materials excretion system class VIII SMP Negeri 2 Tarakan. The design of research is quasy experiment with population were whole VIII grade of SMP Negeri 2 Tarakan periods 2017/2018 and sample of research that is VIII-G grade as a experiment class and then VIII-J grade as a control class. This sample used purposive sampling and techique of collecting data used test and observation sheet. Analysis of data for result in term of cognitive to used Anacova test and for result in term of attitudes and skills of the science process to used T-sample free. Based on result the analysis of data, from the analysis of covariance, result study in terms of cognitive significant value 0.001 and the result study in terms of attitudes significant value 0.006 and the value of science process skills value of 0.002, it means a significant value in terms of cognitive, attitude and skills of proces science smaller of ? = 0.05. Based on the data can be conclude, there is an influence of the learning model POE (Predict-Observe-Explain) the journal monopoly games of student results in class VIII on materials excretion system SMP Negeri 2 Tarakan.