Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V-B Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Di SDN 019 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V-B Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Di SDN 019 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V-B Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Di SDN 019 Tarakan

Pengarang : Aris Daniel - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 019 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN 019 Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran student teams achievement division di kelas VB SDN 019 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrument penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap perilaku siswa dan tes hasil belajar yang terdiri dari 3 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar hanya 47,83% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I Ketuntasan hasil belajar pada aspek kognitif sebesar 56,25%, aspek afektif sebesar 53,12% dan aspek psikomotorik sebesar 71,88%. Kemudian pada siklus ke II Ketuntasan hasil belajar pada aspek kognitif sebesar 81,25%, aspek afektif sebesar 81,25% dan aspek psikomotorik sebesar 78,13%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran student teams achievement division dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VB SDN 019 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division

The kind of research that are used by researchers is Classroom Action Research (CAR) implemented on SDN 019 Tarakan, the research subject is students at class VB SDN 019 Tarakan. This research purpose is improving students’ achievement of learning Math Using student teams achievement division model at class VB in SDN 019 Tarakan. This research took two cycles where every cycle consists of two meetings. Research instrument for obtaining students data development are observation for students’ behavior and students score which consists of 3 essays. Research result showed that students’ achievement was improved. It can see from result in every cycle, before action students’ only 47,83% and after given treatment, at first cycle the cognitivie level reached 56,25%, the affective level was 53,12%, and the psychomotor level was 71,88%. At second cycle the cognitivie level reached 81,25%, the affective level was 81,25%, and the psychomotor level was 78,13%.. So, this research succeed and suitable with the success indicator. Based on the research result, it can conclude by applying student teams achievement division model can improve students’ achievement on math at class VB in SDN 019 Tarakan. Keywords: Learning Achievement, Student Teams Achievement Division Model

Detail Informasi