
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV-B SDN 006 Tarakan
Pengarang : Aprianus - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk penerapan model pembelajaran kelas IV SDN 006 Tarakan pada pembelajaran PKn menggunakan model kooperatif tipe make a match. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, mulai tanggal 21 Juli – 30 Juli 2016. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN 006 Tarakan dengan jumlah 26 siswa, dengan rincian 11 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada materi desa dan kecamatan di kelas IV SDN 006 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I siswa sebesar 50% pada siklus II meningkat menjadi 92%. Kemudian hasil belajar afektif siklus I sebesar 42%, pada siklus II meningkat menjadi 77%. Kemudian hasil belajar psikomotorik siklus I sebesar 58%, pada siklus II meningkat menjadi 85%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: PKn, Hasil Belajar, Make A Match
The research design is Classroom Action Research (CAR). The aim of this research is to implement learning model class IV SDN 006 Tarakan on PKn lesson using cooperative model of Make a Match type. The research was conducted on two cyles, started on 21”July-30”July 2016. The subject of this research was students of class IV B SDN Tarakan with total of 26 students,consisted of 11 women and 15 men. The result of this research showed that the implementation of learning model of Make a Match type can improve students’ achievement on PKn lesson with theme Villages and District in class IV SDN 006 Tarakan. It can be proved from the percentage of standard minimun passing grade of kognitif aspect on cyle one was 50%,on cyle two improve to 92%. Then for the result of affective aspect on cyle one was 42%,on cyle two improve to 77%. The result of psikomotorik aspect on cyle one was 58%,on cyle two improve to 85%. So,if can be concluded that this research was success and appropriate with the indicator of success. Keywords: PKn, Learning Result, Make A Match