
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas IV SDN 018 Tarakan
Pengarang : Alfia Nofiati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation siswa kelas IV SDN 018 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 018 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 018 Tarakan yang berjumlah 33 siswa dengan siswa laki-laki 20 siswa dan perempuan berjumlah 13 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (sikap), dan aspek psikomotorik (keterampilan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran GI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 018 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar adalah 23,52% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 36% pada siklus II meningkat menjadi 82%. Ketuntasan hasil belajar afektif 52%, pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian hasil belajar psikomotorik siswa siklus I 55%, pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Group Investigation
The aim of this research is to increase the results of learning mathematics using group investigation type of cooperative learning model to grade 4 learners at SDN 018 Tarakan. This is a classroom action research which was conducted during the second semester of 2014/2015. The subjects were 33 learners of SDN 018 Tarakan, 20 males and 13 females. This research was conducted in two cycles, each cycles consists of two meeting. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection stages. The research instrument consisted of observation sheets of learners’ activities, observation sheets of theacher’s activities, assesment sheets of learners’ affectivec aspect, tests on cognitive aspect (5 question on multiple choices), assesment sheets of learners’ affective and psychomotor aspects. The research finding showed that there was an increase in learners’ learning achievements. This can be seen from learning results of each cycle. Before given the treatment, the learners’ level of minimum accomplishment was 23,52%. For the cognitive aspect, after given the treatment the level reached 36% at the first cycle and 82% at the second one. For the affective aspect, the level reached 52% at the first cycle and 100% at the second one. For the psychomotor aspect, the level was 55% at the first cycle and reached 100% at the second one. This results indicated that the treatment was succesful. Keywords: Learning Achievement, Group Investigation