Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 018 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 018 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 018 Tarakan

Pengarang : Agustina Tri Astuti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian dilakukan pada semester genap tahun 2015/2016. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 018 Tarakan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen kuasi dengan populasi seluruh siswa kelas V SDN 018 Tarakan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling purposive yang terbagi dalam dua kelas yaitu V-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas V-4 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar pretest yang diberikan sebelum perlakuan dan tes hasil belajar posstest yang diberikan sesudah perlakuan. Intrumen ini diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum data diananlisis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogorov smirnov dan uji homogenitas dengan menggunakan uji levenes. Teknik analisis data menggunakan independent samples t-test.
Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) lebih besar dari hasil belajar kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan atau hanya diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis independent samples t-tes yang menujukkan bahwa hasil thitung lebih kecil dari ttable yaitu 0,303 > 1,671. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Matematika

This study was conducted in second semester of 2015/2016 school year. This study aims to finds out the impact of numbered head together (NHT) cooperative learning model to mathematics learning outcomes in fifth grade students at SDN 018 Tarakan. Quasi-experimental study was conducted with all of fifth grade students at SDN 18 Tarakan 2015/2016 school year as population. The sample of this research is taken with sampling purposive technique with class V-5 as experimental group and class V-4 as control group. Nonequivalent control groups design is used as research design with use pre test and post test evaluation as research instruments to test the impact of the treatment in both of experimental group and control group. Normality test as kolgomorov-smirnov test and homogeneity test as levenes test is used as prerequisite, before the independent t test is used to analysing the data. The results showed that the mathematics learning outcomes in experimental group with numbered head together (NHT) cooperative learning model is greater than control group. It was proved by the result of the independent T test that shows the calculated t score is greater that t table score (0,303 > 1,671). So, numbered head together (NHT) cooperative learning model is no give significant impact to mathematics learning outcomes. Keywords: Numbered Head Together (NHT) Cooperative Learning model, Mathematics Students Outcomes

Detail Informasi