Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas V SDN 009 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas V SDN 009 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas V SDN 009 Tarakan

Pengarang : Agus Budi Santoso - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 009 Tarakan pada pembelajaran IPA menggunakan model kooperatif tipe make a match. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, mulai tanggal 28 Oktober – 7 November 2015. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN 009 Tarakan dengan jumlah 26 siswa, dengan rincian 13 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi tumbuhan hijau di kelas V SDN 009 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I siswa sebesar 54% pada siklus II meningkat menjadi 85%. Kemudian hasil belajar afektif siklus I sebesar 42%, pada siklus II meningkat menjadi 77%. Kemudian hasil belajar psikomotorik siklus I sebesar 58%, pada siklus II meningkat menjadi 85%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: IPA, Hasil Belajar, Make A Match

Research method is Classroom Action Research (CAR). This research aims to improve the students learning result of IPA for fifth grade of SDN 009 Tarakan through cooperative learning model type make a match. This research has two cycle, October 28 – November 7 2015. The subject of this research is fifth grade students of SDN 009 Tarakan. The total members of the population is 26 students, 13 female students and 13 male students. The research result show that cooperative learning model type make a match could improve students learning results of IPA on green plants course for fifth grade students of SDN 009 Tarakan. It can be seen from the percentage of students cognitive learning results on first cycle of 54% on second cycle increased of 85%. Then affective learning results on first cycle is 42% on second cycle become 77%. Last psycomotoric learning results on first cycle of 58% and second cycle increased of 85%. So it can be said that the research was succesfully and accordance with the indicators of success. Keywords: IPA, Learning Result, Make A Match

Detail Informasi