
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Pada Siswa Kelas IV-B SD Negeri 016 Tarakan
Pengarang : Afliana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi alat indra manusia dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Auditory Intellectualy Repetition (AIR) pada siswa kelas IV-B SD Negeri 016 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 016 Tarakan Pada Semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN 016 Tarakan yang berjumlah 18 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 8 siswa dan perempuan berjumlah 10 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Proedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (percaya diri, tanggung jawab, dan disiplin), aspek psikomotorik (presentasi kelompok).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe auditory intellectually repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi alat indra manusia pada siswa kelas IV-B SDN 016 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 67% pada siklus II meningkat menjadi 89%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 56% pada siklus II meningkat menjadi 89%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar aspek psikomtorik 61% pada siklus II meningkat menjadi 89%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan telah mencapai indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif, Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR)
The objective of this study is to improve students’ learning achievement of IPA materials by implementing cooperative learning model type Auditory, Intellectual, Repetition (AIR) at the IV-B class in SDN 016 Tarakan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 016 Tarakan at second semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of IV-B class in SDN 016 Tarakan which consists of 8 male and 10 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, discipline, and courtesy) and psychomotor assessment (groups’ presentation). The results of this research show that by implementing cooperative learning model type of Auditory, Intellectual, Repetition (AIR) can improve students’ learning achievement of IPA especially for material at the IV-B class in SDN 016 Tarakan. It can be seen by the students’ learning achievement in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 75%, and having an improvement in cycle II, that is 89%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 75%, and having an improvement in cycle II, that is 89%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 87%, and having an improvement in cycle II, that is 89%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: IPA, Cooperative Learning Model, Auditory, Intellectual, Repetition (AIR)