
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V-B SDN 034 Tarakan
Pengarang : Adrianto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi organisasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas V-B SDN 034 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 034 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-B SDN 034 Tarakan yang berjumlah 32 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 19 siswa dan perempuan berjumlah 13siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (Percaya Diri, Disiplin, dan Tanggung Jawab), dan aspek psikomotorik (presentasi kelompok).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi organisasi siswa kelas V-B SDN 034 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 59% pada siklus II meningkat menjadi 81%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 62% pada siklus II meningkat menjadi 84%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 65% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share
The conducted of the research was for improving result learning Education of Civics substance organization with applying model study Model Study Cooperative Type Think Pair Share for students class V-B SDN 034 Tarakan. The kind of the research used Classroom Action Research (CAR) which executed in SDN 034 Tarakan to semester 1 in academic years 2016/2017. The sample of the research was male student’s amounted 19 students and female students amounted 13 students. This research executed in two cycles each every cycle consists of twice meeting. Procedure every cycle consists of planning, action, observation, and reflection. Which the data obtained in this research cover: observation sheet for students, observation sheet for teacher, achievements of aspect cognitive (The Result of Study). The aspect of affective (Self-confidence, Discipline, and Responsibility) and the aspect of psychometric (Presentation Group). The result of the research to showing that with application Model Study cooperative Type Think Pair can improving the result Learning Education of Civics for Students Class V-B at SDN 034 Tarakan. This matter can be seen from result of which obtained in each cycle, for cycle I complete of result learn cognate aspect student 59%, for cycle II mount to become 81%. For cycle I complete of result teach aspect student of affective 62% for cycle II mount to become 84%. Then for cycle I complete of result teach aspect student of psychometric 65% for cycle II mount to become 100%. Hence can be said that by research have succeeded and as according to efficacy indicator. Keywords: The Result of Learning, Education of Civics, Model Study Cooperative Type Think Pair