
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 018 Tarakan
Pengarang : Aditia Pratama Putra - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPS Di Kelas IV SDN 018 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental). Sampel penelitian diambil dengan teknik sampel random sederhana (simple random sampling) yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas IV-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-4 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian ini adalah statistik deskriptif dan uji statistic independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) lebih besar dari pada hasil belajar kelas kontrol yang diajar menggunakan Model Konvensional. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 86,64 dan kelas kontrol sebesar 63,54. Selain itu, juga dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan thitung > ttabel yakni 7,800 > 1,6683. Dengan demikian, penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa.
Kata Kunci: Think Pair and Share (TPS), Hasil Belajar IPS
This research do in the second semester of the 2015/2016 study. The study aims to knowing the influence of Model Cooperative Learning Think Pair and Share (TPS) on the IPS learning outcomes In Class IV SDN 018 Tarakan. This research is a Quasi Experiment. The research sample was taken by random sampling technique which consists of two classes, that is class IV-1 as an experimental class and class IV-4 as the control class. Analysis of the data used descriptive statistic and statistical tests independent sample t-test. The result showed the learning outcomes of experimental class teaching use Model Cooperative LearningTipe Think Pair and Share more than outweight the learning outcomes of control class teaching use the conventional model. It can be prove by the average value posstest of experimental class is 86,64 and the control class is 63,54. But also can be seen from the result of testing hypothesis with thitung > ttabel is 7,800 > 1,6683. So the utilization of Model Cooperative Learning Think Pair and Share giving a significant influence on the result of IPS learning. Keywords: Think Pair and Share (TPS), the Result of IPS Learning