Deskripsi Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Program Belajar Mengajar Guru Di SDN 045 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Program Belajar Mengajar Guru Di SDN 045 Tarakan

Deskripsi Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Program Belajar Mengajar Guru Di SDN 045 Tarakan

Pengarang : Ziyadatul Maghfiroh - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Fokus dari penelitian ini adalah deskripsi kemampuan guru dalam pengelolaan program belajar mengajar guru di SDN 045 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat diketahui bahwa deskripsi kemampuan guru dalam pengelolaan program belajar mengajar guru di SDN 045 Tarakan dilakukan dengan enam dimensi menurut E. Mulyasa: a) merumuskan tujuan intruksional, b) mengenal dan dapat menggunakan metode mengajar, c) memilih dan menyusun prosedur intruksional yang tepat, d) melaksanakan program belajar mengajar, e) mengenal kemampuan (entry behavior) anak didik, dan f) merencanakan dan melaksanakan pengajaran remedial. Yang mana dalam penerapannya belum dipenuhi dengan baik. Masih terdapat beberapa indikator dalam setiap dimensi yang belum dilakukan oleh guru. Hal tersebut menjelaskan bahwa guru di SDN 045 Tarakan masih perlu untuk meningkatkan kemampuannya dalam pengelolaan program belajar mengajar, selain itu peran kepala sekolah juga sangat dibutuhkan dalam peningkatan keprofesionalan guru.

Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Pengelolaan Program Belajar Mengajar, SDN 045 Tarakan

The focus of this research is description professional competence related to management of teaching and learning programs. The desing of this research was descriptive qualitative research. Teaching of collecting data in this research are interview, observation, and documentation and the technique of data validation are triangulation of source and method. Based on the analysis data and discussion it can be seen that the description professional competence teacher related to management of teaching and learning programs in SDN 045 Tarakan done with six dimensions according to Mulyasa : a) formulate instructional goals, b) know and be able to use teaching methods, c) select and organize instructional procedures, d) implementing the teaching and learning program, e) recognize the ability (entry behavior) of students, f) plan and implementation remedial teaching which in its application has not been properly met. There are still some indicators in each dimension that have not been done by the teacher. It is explained that in the SDN 045 Tarakan still need to improve the professionalism related to the management of teaching and learning programs in addition to the role of the principal is also needed in improving professionalism teachers. Keywords: Professionalism Competence, Management of Teaching and Learning Programs, SDN 045 Tarakan

Detail Informasi