Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III-A Di SDN 049 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III-A Di SDN 049 Tarakan

Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III-A Di SDN 049 Tarakan

Pengarang : Yulianti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Matematika di kelas III-A SDN 049 Tarakan tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 20 September-18 Oktober 2017 terdiri dari dua siklus, dan dalam satu siklus dilaksanakan dua kali pertemuan.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-A SDN 049 Tarakan tahun pembelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 33 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan saintifik. Data dikumpulkan setiap siklus mulai observasi dan tes hasil belajar siswa.
Peningkatan nilai belajar sebelum penelitian yang mencapai ketuntasan belajar di atas KKM matematika 5,263% menjadi 45,46% pada siklus I dan meningkat menjadi 87,88% pada siklus II. Peran aktif siswa pada pendekatan saintifik ini sangat baik dan meningkat pada setiap siklus.
Ranah afektif pada indikator keberhasilan sudah melebihi dari 75% siswa yang memperoleh nilai baik. Hal ini ditunjukkan oleh data akhir pada pertemuan kedua siklus II yaitu pada kategori sangat baik ada sejumlah 15 siswa dan pada kategori baik sejumlah 13 siswa. Kemudian pada penilaian ranah psikomotorik juga telah mencapai pada indikator keberhasilan dengan jumlah 33 siswa dalam kategori sangat baik sejumlah 25 siswa. Sedangkan pada hasil aktivitas guru diperoleh kategori sangat baik dengan rata-rata 86 pada siklus II.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Matematika

This study aims to improve student learning outcomes using a scientific approach on mathematics subjects in class III-A SDN 049 Tarakan year learning 2017/2018. This research is Classroom Action Research The study was conducted from September 20 to October 18, 2017 consisting of two cycles, and in one cycle held two meetings. The subjects of this study were students of class III-A SDN 049 Tarakan year of learning 2017/2018 with the number of students 33 students. The purpose of this study is to determine the results of student learning after using a scientific approach. Data collected every cycle from observation and test result of student learning. Increasing the value of learning before the study that reached learning mastery over the math KKM 5.263% to 45.46% in cycle I and increased to 87.88% in cycle II. The student's active role in this scientific approach is excellent and improves in every cycle. Affective aspect of success indicator has exceeded 75% of students who received good grades. This is indicated by the final data at the second meeting of cycle II that is in the category of very good there are a number of 15 students and in either category a number of 13 students. Then in the psychomotor field assessment has also reached on the success indicator with the number of 33 students in the excellent category of 25 students. While the results of teacher activity obtained very good category with an average of 86 on cycle II. Keywords: Learning Outcomes, Scientific Approach, Mathematics

Detail Informasi