
Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V-B SDN 042 Tarakan
Pengarang : Teja Sendang - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inquiry learning berbantuan media visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V-B SDN 042 Tarakan tahunpembelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 24 Juli-12 Agustus 2017 terdiri dari tiga siklus, dan dalam satu siklus dilaksanakan dua kali pertemuan.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B SDN 042 Tarakan tahun pembelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 31 siswa. Fokus penelitian ini adalah hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran inquiry learning berbantuan media visual. Data dikumpulkan setiap siklus mulai observasi dan tes hasil belajar siswa.
Peningkatan nilai belajar sebelum penelitian yang mencapai ketuntasan belajar di atas KKM IPA 43,75% menjadi 45,17% pada siklus I, dan meningkat menjadi 77,41% pada siklus II, kemudian meningkat lagi menjadi 87,09% pada siklus III. Peran aktif siswa pada model pembelajaran inquiry learning berbantuan media visual ini sangat baik dan meningkat pada setiap siklus.
Ranah afektif pada indikator keberhasilan sudah melebihi dari 75% siswa yang memperoleh nilai baik. Hal ini ditunjukkan oleh data akhir pada pertemuan kedua siklus III yaitu pada kategori sangat baik ada sejumlah 15 siswa dan pada kategori baik sejumlah 16 siswa. Kemudian pada penilaian ranah psikomotorik juga telah mencapai pada indikator keberhasilan dengan jumlah 31 siswa dalam kategori sangat baik. Sedangkan pada hasil aktivitas guru diperoleh kategori sangat baik dengan rata-rata 86 pada siklus III.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inquiry Learning Berbantuan Media Visual, Ilmu Pengetahuan Alam
This study is aimed to improve student learning outcomes using visual media assisted for inquiry learning model on natural science subject in fith grade at SDN 042 Tarakan in the year of 2017/2018. This research is Classroom Action Research. This research was conducted from July 24 to August 12, 2017 consisted of three cycles, each cycle consists of two meetings. The subjects of this study are fifth graders at class V-B SDN 042 Tarakan in the year of 2017/2018 with 31 students. This study is focused on studying students’ learning outcome on science learning after taught using visual media assisted for inquiry learning model. On each cycle, observation and the result of learning outcome test has been collected. There is increasing on the number of students who achieved the minimum KKM before and after teaching and learning process on the first cycle, which is from 43% to 45,17%, then on the second cycle it improves into 77,41%, and finally on the third cycle improves into 87,09%. This improvement shows that student activities during teaching and learning process using visual media assisted for inquiry learning model is helpful for improving student achievement in each cycle. From the affective aspect, the success indicator of students that achieve good grades has exceeded 75%. This result can be seen from the last data of the second meeting on the third cycle, in which there are 15 students achieve very good category and there are 16 students achieve good category. On the psychomotoric aspect, there are 31 students that achieve very good category. In addition, on teacher activity, it also achieves very good category with mean score is 86 on the third cycle. Keywords: Learning Outcomes, Visual Media assisted for Inquiry Learning Model, Natural Science