
Analisis Kelayakan Penyajian Buku Teks Ayo Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Terbitan BSE
Pengarang : Sucia Kirana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Fokus dari penelitian ini adalah deskripsi terhadap analisis kelayakan penyajian buku teks Ayo Belajar Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar terbitan BSE pada semester 1.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode dan teori.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, dapat diketahui bahwa analisis kelayakan penyajian buku teks Ayo Belajar Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Terbitan BSE dilakukan dengan tiga indikator yang mana dari penerapan itu telah dilaksanakan dengan cukup baik, hanya aja ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian, diantaranya yaitu pembangkit motivasi yakni gambar haruslah memperhatikan pewarnaan atau kontras pada buku teks, kemudian menyajikan materi pendukung pada setiap materi per bab. Pada buku teks matematika harus lebih menonjolkan pola pikir yang deduktif (Umum – khusus) dalam materinya, dengan begitu siswa akan berpikir dari hal mudah ke sukar, sehingga adanya materi prasyarat sebagai pengantar materi pokok dapat disajikan dengan baik.
Kata Kunci: Kelayakan Penyajian, BSNP, Deduktif, Materi Prasyarat, Teknik Penyajian
The focus of this research is the description of the analysis the feasibility of the presentation of the text books Ayo belajar matematika the fourth grade students of Elementary Schools published by the BSE in the 1st semester. Type of research used in this research is descriptive qualitative research. Data source of this research is primary sources and secondary sources. Data collection techniques in this research are observation, interview, and documentation.And the technique of data validity used are triangulation method and theory. Based on the analysis of data and discussion, it can be seen that the analysis of the feasibility of the presentation of the text books Ayo belajar matematika the fourth grade students of Elementary Schools Published by the BSE is carried out by three indicators which of the application it has been implemented quite well, only just there are some things that should be of concern, such as generation of motivation which picture should pay attention to coloring or contrast in a text book, then present the support materials on each of the material per chapter. In the textbooks of mathematics should be more accentuate the mindset that deductive (General – specific) in the material, so the students will think of things easy to difficult, so that the material prerequisites as an introduction to the subject matter can be presented with better. Keywords: Feasibility Presentation, BSNP, Deductive, Material Prerequisites, Techniques Presentation