Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV-B SDN 015 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV-B SDN 015 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV-B SDN 015 Tarakan

Pengarang : Sparta Yulita Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi Organisasi Pemerintah Tingakat Pusat dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share pada siswa kelas IV-B SDN 015 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 015 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN 015 Tarakan yang berjumlah 24 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 10 siswa dan perempuan berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama), dan aspek psikomotorik (kesiapan diri dan menyampaikan informasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Organisasi Pemerintah Tingkat Pusat pada siswa kelas IV-B SDN 015 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 63% pada siklus II meningkat menjadi 83%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 62% pada siklus II meningkat menjadi 88%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 67% pada siklus II meningkat menjadi 96%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe, Think Pair and Share

The purpose of this study is to improve learning outcomes PKn material central Goverment Organizations by Applying Coopeartive learning Model Type Think Pair and Share in grade IV-B students’ SDN 015 Tarakan.The type of research used in classroom action research conducted at SDN 015 Tarakan in semester 2 academic year 2016/2017. The subjects of the study were IV-B students’ SDN 015 Tarakan consisting of 24 student with 10 male and 14 female students’. The research was coductedin cycles, each cycle consisted 0f 2 meetings. The procedures of each cycle consisted of planning, action, observation and reflection. Data obtained in this study sheets, cognitive aspect assasment (learning result test), affective aspects responsibility, discipline and cooperation) psychomotor aspects (self-preparedness and convey information). The result showed that by Applying Cooperative Learning Model Type Think Pair and Share can immprove learning outcomes PKn Material Central Goverment Organization at grade IV-B SDN 015 Tarakan. This can be seen from the results obtained in each cycle, in the first mastery of students’ learning outcomes 63% cognitive aspects, in the second cycle increased to 83%. In the first cycle of student learning achievement affective aspects 62%,in the second cycle increased to 88%. Then in the first cycle mastery of students learning outcomes psychomotor aspect 67%, in the second cycle increased to 96%. So it can be said that the research has been successful and in accordance with success indicators. Keywords: Learning Achievement, PKn, Cooperative Learning Model, Think Pair and Share

Detail Informasi