
Penerapan Teori Bruner Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V-4 SDN 018 Tarakan
Pengarang : Sitti Hajrah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun dengan menerapkan teori Bruner pada siswa kelas V-4 SDN 018 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 018 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-4 SDN 018 Tarakan yang berjumlah 35 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 20 siswa dan perempuan berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan teori Bruner dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang dan bangun datar siswa kelas V-4 SDN 018 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 57% pada siklus II meningkat menjadi 73%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 70% pada siklus II meningkat menjadi 85%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 72% pada siklus II meningkat menjadi 87%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Penerapan Teori Bruner
The purpose of this study is to improve the learning outcomes of mathematics material waking properties by applying Bruner's theory to students of grade V-4 SDN 018 Tarakan. The type of research used is Class Action Research (PTK) conducted at SDN 018 Tarakan in second semester of academic year 2017/2018. The subjects of the study were V-4 students of SDN 018 Tarakan, amounting to 35 students with male students totaling 20 students and 15 students. This study was conducted in 2 cycles each cycle consisting of 2 meetings. The procedure of each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. Data obtained in this study include student activity observation sheets, teacher activity observation sheets, cognitive aspect assessment, affective aspects, and psychomotor aspects. The results showed that by applying the theory of Bruner can improve the learning outcomes of mathematics materials wake up space and wake up flat students V-4 SDN 018 Tarakan. This can be seen from the results obtained in each cycle, in the cycle I mastery of student learning outcomes cognitive aspects 57% in the second cycle increased to 73%. In the first cycle of student learning result completeness 70% affective aspects in cycle II increased to 85%. Then in the cycle I mastery of student learning outcomes 72% psychomotor aspects in cycle II increased to 87%. So it can be said that the research has been successful and in accordance with success indicators. Keywords: Learning Achievement, Mathematics, The Application of Bruner Theory