Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas V-B SDN 006 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas V-B SDN 006 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas V-B SDN 006 Tarakan

Pengarang : Siti Hariyani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi Peristiwa Sekitar Proklamasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelasV B SDN 006 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 006 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas V B SDN 006 Tarakan yang berjumlah 30 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 14 siswa dan perempuan berjumlah 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (Tanggung Jawab, Mematuhi dan disiplin), dan aspek psikomotorik (individu).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Peristiwa Sekitar Proklamasi siswa kelas V B SDN 006 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 60% pada siklus II meningkat menjadi 86%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 70% pada siklus II meningkat menjadi 93%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 77% pada siklus II meningkat menjadi 93%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indicator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

The objective of this study is to improve students’ achievement in Improving Social science especially for Events Around The Proclamation by using Cooperative Learning Type of Make A Match at the VB class in SDN 006 Tarakan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 006 Tarakan at twosemester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of VB class in SDN 006Tarakan which consists of 14 male and 16 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (responsible, obey something and discipline) and psychomotor assessment (individual). The result of this research shows that by using cooperative learning type of Make A Match can improve students’ achievement in Improving Social science especially for Events Around The Proclamation environment material at the III-C class in SDN 006 Tarakan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 60%, and having an improvement in cycle II, that is 87%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 70%, and having an improvement in cycle II, that is 93%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 77%, and having an improvement in cycle II, that is93%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Model of Cooperative Learning Make A Match

Detail Informasi