
Deskripsi Keterampilan Dasar Mengajar Guru Sekolah Dasar Di Wilayah Pesisir Kecamatan Sekatak
Pengarang : Siti Fadilah Dwi Lestari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Fokus pada penelitian ini adalah deskripsi keterampilan dasar mengajar guru di SDN 008 Sekatak dan dampak implementasi keterampilan dasar mengajar guru terhadap hasil belajar siswa.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif yang dilaksanakan di SDN 008 Sekatak pada tahun ajaran 2017/2018. Sumber pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Informan pada penelitian ini adalah guru kelas II, guru kela VI, kepala sekolah, pengawas sekolah, 2 siswa kelas II dan 2 siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian pada fokus pertama yaitu deskripsikan keterampilan dasar mengajar guru di SDN 008 Sekatak yang dapat diketahui bahwa keterampilan dasar mengajar guru meliputi keterampilan memberi penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil serta keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Fokus kedua adalah dampak implementasi keterampilan dasar mengajar guru terhadap hasil belajar siswa yang dapat dilihat dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Kata Kunci: Keterampilan Dasar Mengajar Guru Kelas II dan VI SDN 008 Sekatak
The focus of this research is the description of the basic teaching skills of teachers at SDN 008 Sekatak and the impact of the implementation of the basic skills of teaching teachers on student learning outcomes. The research approach used in this research is qualitative approach of descriptive type implemented in SDN 008 Sekatak in academic year 2017/2018. Sources in this study are primary data and secondary data. Informants in this research are second grade teachers, kela VI teachers, principals, school supervisors, 2nd graders and 2nd graders. Data collection techniques in this study are interviews, observation and documentation. Data analysis technique in this research is data reduction, data presentation and conclusion. Based on data analysis and discussion of research results at the first focus is to describe the basic skills of teaching teachers in SDN 008 Sekatak which can be seen that the basic skills of teaching teachers include strengthening skills, questioning skills, variation skills, skills to explain, skills open and close lessons, management skills classes, skills to guide small group discussions as well as small group and individual teaching skills. The second focus is the impact of the implementation of the basic skills of teaching teachers on student learning outcomes that can be seen with knowledge, affective and skill. Keywords: Basic Skills Teaching Class II and VI Teachers SDN 008 Sekatak