Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Microsoft Powerpoint Interaktif Pada Materi Tumbuhan Hijau Untuk Kelas V Di SDN 009 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Microsoft Powerpoint Interaktif Pada Materi Tumbuhan Hijau Untuk Kelas V Di SDN 009 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Microsoft Powerpoint Interaktif Pada Materi Tumbuhan Hijau Untuk Kelas V Di SDN 009 Tarakan

Pengarang : Siti Diyah Asri Maisaroh - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan keefektifan media pembelajaran IPA menggunakan microsoft powerpoint interaktif yang dikembangkan.Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari model Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono (2016) yang dibatasi sampai pada tahap ke sembilan. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru, pedoman wawancara siswa, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli desain, angket respon guru, dan angket respon siswa. Uji coba produk menggunakan siswa kelas V sebanyak 6 orang dan uji coba pemakaian menggunakan siswa kelas V sebanyak 27 orang.
Proses pengembangan media pembelajaran IPA menggunakan microsoft powerpoint interaktif pada materi tumbuhan hijau untuk siswa kelas V di SDN 009 Tarakan dilakukan melalui sembilan tahap penelitian dan pengembangan, yaitu: 1) Potensi dan masalah, 2) menggumpulkan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk akhir. Kelayakan media pembelajaran IPA menggunakan microsoft powerpoint interaktif diperoleh dari hasil validasi ahli materi sebesar 85% dengan kriteria sangat layak dan ahli desain sebesar 72% dengan kriteria layak. Keefektifan media pembelajaran IPA menggunakan angket microsoft powerpoint interaktif diperoleh dari hasil respon guru uji coba produk sebesar 90% dengan kriteria sangat efektif, angket respon guru uji coba pemakaian sebesar 90% dengan kriteria sangat efektif, angket respon siswa uji coba produk sebesar 96,6% dengan kriteria sangat efektif, angket respon siswa uji coba pemakaian sebesar 91% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran IPA menggunakan microsoft powerpoint interaktif yang dikembangkan layak dan efektif digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Tumbuhan Hijau, Microsoft PowerPoint Interaktif

The study aims to describe feasibility and effectiveness of the media science learning by using the microsoft powerpoint interactive develop. This research is a research and development Borg & Gall model modified by Sugiyono (2016) which is limited to the ninth stage. This research and development tool uses teacher interview guides, student interview guides, expert material validation questionnaires, design expert validation questionnaires, teacher response questionnaires, and student response questionnaires. Trial of product using fifth grade student counted 6 people and trial usage use fifth grade student counted 27 people. The process of developing of the media science learning by using microsoft powerpoint interactive on material of green plants for fifth grade of SDN 009 Tarakan is done through nine stages of research and development, namely: 1) Potentials and problems, 2) information gathering, 3) product design, 4) design validation , 5) design improvements, 6) product testing, 7) product revisions, 8) trial usage, 9) revision of the final product. The feasibility of the media science leaarning by using microsoft powerpoint interactive is obtained from 85% material expert validation result with very feasible criteria, design expert is 72% with feasible criteria. The effectiveness of the media science learning by using microsoft powerpoint interactive is obtained from teacher response questionnaire on trial product is 90% with very effective criteria, teacher response questionnaire usage is 90% with very effective criteria, response questionnaire student trial product of 96,6% with very effective criteria, student response test questionnaire usage of 91% with very effective criteria. Based on these results can be concluded the media science learning by using the microsoft powerpoint interactive developed feasible and effective. Keywords: Development of Media Learning, Green Plants, Microsoft PowerPoint Interactive

Detail Informasi