Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Perencanaan Dan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Yang Mendidik Di SDN 033 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Perencanaan Dan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Yang Mendidik Di SDN 033 Tarakan

Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Perencanaan Dan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Yang Mendidik Di SDN 033 Tarakan

Pengarang : Rohana Fatriah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Fokus dari penelitian ini adalah kompetensi guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang mendidik di SDN 033Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif Deskriptif yang dilaksanakan di SDN 033 Tarakan pada tahun ajaran 2016/2017. Sumber pada penelitian adalah data primer dan data sekunder. Informan pada penelitian adalah kepala sekolah, dua guru, dua siswa, dua orang tua murid, dan pengawas sekolah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian pada fokus penelitian yaitu tentang kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang mendidik di SDN 033 Tarakan dapat diketahui bahwa perencanaan pembelajaran mendidik meliputi, identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, metode, sumber belajar, media, kegiatan pembelajaran, dan prosedur penilaian dengan melihat prinsip penyusunan RPP yang mendidik. Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP.

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Perencanaan & Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Mendidik, SDN 033 Tarakan

Focus this research is to analysiss teacher competence in planning and implementation of learning that educate at SDN 033 Tarakan. The research design of this study is descriptive qualitative that is done in SDN 033 Tarakan in the academic year 2016/2017. Source of this research are data primer and data secunder. Informants of this research are two teachers, two students, two parent students, and school supervisor . Data collection techniques in this research are interview, observation and documentation. Technique of data analysis are reduction, data display and verification. Based on data analysis on discussion, the result of this research are focused on the pedagogical competence of teachers in the planning and implementation of learning that educate at SDN 033 Tarakan. that is known that the planning of educational learning includes, subject identity, competency standards, basic competencies, indicators, objectives, materials, Methods, learning resources, media, learning activities, and assessment procedures by looking at the principles of preparing an educational lesson plan. Implementation of learning is an implementation of lesson plan. Keywords: Pedagogic Competency, Planning & Implementation of Educational Learning Activities, SDN 033 Tarakan

Detail Informasi