Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus VII Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus VII Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus VII Tarakan

Pengarang : Risca Saputri Samtika - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang digunakan untuk mencari pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Gugus VII Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017 di Kelas V. Desain penelitian ini adalah Nonquivalent Control Group Design dengan populasi siswa kelas V pada gugus VII Tarakan yang terdiri dari SDN 007, SDN 031, dan SDN 047 Tarakan dengan jumlah keseluruhan siswa 132 siswa. Dan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas V-A SDN 007 Tarakan sebagai kelas eksperimen dan V-B SDN 047 Tarakan sebagai kelas kontrol. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling.
Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS V.21 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kemampuan Berpikir Kritis dan hasil belajar IPA kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) lebih besar daripada Kemampuan Berpikir Kritis dan hasil belajar IPA kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional. Hasil uji Independent sample t-test terhadap Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pembelajaran Konvensional ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis siswa diperoleh thitung 3,128 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 50 diperoleh 1,6759 berarti thitung > ttabel. Hasil uji Independent sample t-test terhadap Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pembelajaran Konvensional ditinjau dari hasil belajar IPA siswa diperoleh thitung 1,821 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 50 diperoleh 1,6759 berarti thitung > ttabel.
Dengan demikian, penggunan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa.

Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar IPA

This type of research is a quasi-experimental research that is used to find the influence of Think Pair Share Cooperative Learning Model (TPS) on Critical Thinking Skills and Student Result of Class V Grade VII Tarakan. This research was conducted in May 2017 in Class V. The design of this research is Nonquivalent Control Group Design with population of grade V students in cluster VII Tarakan consisting of SDN 007, SDN 031, and SDN 047 Tarakan with total students 132 students. And the sample consists of two classes namely V-A SDN 007 Tarakan as experiment class and V-B SDN 047 Tarakan as control class. Sampling technique using Simple Random Sampling. Data analysis used to analyze data of research result is descriptive statistic and inferential statistic with SPSS V.21 for windows. The results showed that Critical Thinking Ability and science learning outcomes of experimental classes taught by using Think Pair Share Cooperative Learning Model (TPS) were greater than Critical Thinking Skills and controlled science classroom outcomes taught using Conventional Learning. The result of the Independent sample t-test on the Effect of Cooperative Learning Model of Think Pair Share (TPS) with Conventional Learning in terms of Critical Thinking Ability obtained by students tcount 3,128 at significance level 0,05 and df = 50 obtained 1,6759 mean thitung> ttabel. The result of the Independent sample t-test on the Effect of Cooperative Learning Model of Think Pair Share (TPS) with Conventional Learning in terms of student learning outcomes obtained tcount 1,821 at significance level of 0.05 and df = 50 obtained 1.6759 means tcount> ttable. Thus, the use of Think Pair Share Cooperative Learning Model (TPS) has a significant influence on students' critical thinking skills and student learning outcomes. Keywords: Think Pair Share (TPS), Critical Thinking Ability, Learning Result of Science

Detail Informasi