
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas III SDS Citra Bangsa Tarakan
Pengarang : Ribka - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDS Citra Bangsa Tarakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III SDS Citra Bangsa Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran student teams achievement division di kelas III SDS Citra Bangsa Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrument penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap perilaku siswa dan tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar hanya 54,4% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I Ketuntasan hasil belajar pada aspek kognitif sebesar 61,54%, aspek afektif sebesar 61,54% dan aspek psikomotorik sebesar 73,08%. Kemudian pada siklus ke II Ketuntasan hasil belajar pada aspek kognitif sebesar 84,62%, aspek afektif sebesar 100% dan aspek psikomotorik sebesar 100%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran student teams achievement division dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDS Citra Bangsa Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division
The kind of research that are used by researchers is Classroom Action Research (CAR) implemented on SDS Citra Bangsa Tarakan, the research subject is students at class III SDS Citra Bangsa Tarakan. This research purpose is improving students’ achievement of learning Math Using student teams achievement division model at class III SDS Citra Bangsa Tarakan. This research took two cycles where every cycle consists of two meetings. Research instrument for obtaining students data development are observation for students’ behavior and students score which consists of 3 essays. Research result showed that students’ achievement was improved. It can see from result in every cycle, before action students’ only 54,4% and after given treatment, at first cycle the cognitivie level reached 65,38%, the affective level was 61,54%, and the psychomotor level was 73,08%. At second cycle the cognitivie level reached 84,62%, the affective level was 100%, and the psychomotor level was 100%.. So, this research succeed and suitable with the success indicator. Based on the research result, it can conclude by applying student teams achievement division model can improve students’ achievement on math at class III SDS Citra Bangsa Tarakan. Keywords: Learning Achievement, Student Teams Achievement Division Model